Find us on:

Waktu Terbaik Untuk Minum Teh

Teh, adalah minuman populer di dunia. Teh juga sering dikaitkan dengan cara menenangkan diri. Secangkir teh hangat memang ampuh memperbaiki mood, terutama bila teh tersebut memiliki aroma kuat yang semakin meningkatkan khasiatnya. Tapi, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk minum teh? Menurut penelitian yang dilakukan Langone Medical Center di Universitas New York, Amerika Serikat, teh seharusnya diminum sesuai dengan rasa teh dan campuran di dalamnya. Para peneliti mengatakan, campuran dalam teh, misalnya lemon atau adas bisa memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh dan mengonsumsinya di waktu yang tepat, bisa memaksimalkan manfaat tersebut.

Sebelum Olahraga

Bagi para penggila olahraga, teh yang cocok diminum sebelum berolahraga adalah teh adas. Alasannya, teh adas mengandung minyak esensial yang bisa menyeimbangkan mood dan membuat tubuh siap melakukan kerja fisik yang berat.

Pagi Hari

Banyak orang yang lebih menyukai memulai pagi dengan kopi sebagai ‘tendangan adrenalin’, namun untuk para penyuka teh, campuran ginseng bisa jadi pengganti kafein. Di Korea Selatan, ginseng dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Di sisi lain, ginseng juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

Setelah Makan

Menyesap teh hangat usai makan adalah hal yang menyenangkan, namun teh yang punya manfaat terbaik bagi tubuh usai mencerna makanan berat adalah teh hijau. Bukan hanya menenangkan mood berkat aromanya, teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Oleh karena itu, teh ini diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Teh lain yang juga bagus disesap usai makan adalah teh hibiscus. Mirip dengan teh hijau, teh hibiscus memperlambat penyerapan lemak oleh tubuh dan bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Siang Hari

Usai makan siang adalah ‘jam berbahaya’ bagi mereka yang bekerja di kantor, di waktu ini, kantuk rawan menyerang dan bisa menurunkan produksi. Teh licorice bisa jadi solusi. Rasanya yang unik akan membantu meningkatkan energi. Jenis lain yang juga cocok diminum di siang hari adalah teh oolong. Teh ini juga kerap disebut sebagai ‘kopinya teh’ karena memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Usai Bekerja

Penat bekerja ataupun rasa lelah melawan kemacetan bisa dihilangkan dengan secangkir teh peppermint. Kandungan mint dalam teh ini bisa membuat otot-otot yang tegang menjadi santai. Aromanya yang segar juga bisa membersihkan pikiran dari hal-hal negatif.

Sebelum Tidur

Tahukah Anda, teh juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile adalah pilihan tepat sebelum tidur karena selain membantu memunculkan kantuk, chamomile juga membuat pikiran secara umum lebih tenang, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.  

sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151030174507-262-88495/kapan-waktu-terbaik-minum-teh

Waktu Terbaik Untuk Minum Teh

Teh, adalah minuman populer di dunia. Teh juga sering dikaitkan dengan cara menenangkan diri. Secangkir teh hangat memang ampuh memperbaiki mood, terutama bila teh tersebut memiliki aroma kuat yang semakin meningkatkan khasiatnya. Tapi, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk minum teh? Menurut penelitian yang dilakukan Langone Medical Center di Universitas New York, Amerika Serikat, teh seharusnya diminum sesuai dengan rasa teh dan campuran di dalamnya. Para peneliti mengatakan, campuran dalam teh, misalnya lemon atau adas bisa memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh dan mengonsumsinya di waktu yang tepat, bisa memaksimalkan manfaat tersebut.

Sebelum Olahraga

Bagi para penggila olahraga, teh yang cocok diminum sebelum berolahraga adalah teh adas. Alasannya, teh adas mengandung minyak esensial yang bisa menyeimbangkan mood dan membuat tubuh siap melakukan kerja fisik yang berat.

Pagi Hari

Banyak orang yang lebih menyukai memulai pagi dengan kopi sebagai ‘tendangan adrenalin’, namun untuk para penyuka teh, campuran ginseng bisa jadi pengganti kafein. Di Korea Selatan, ginseng dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Di sisi lain, ginseng juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

Setelah Makan

Menyesap teh hangat usai makan adalah hal yang menyenangkan, namun teh yang punya manfaat terbaik bagi tubuh usai mencerna makanan berat adalah teh hijau. Bukan hanya menenangkan mood berkat aromanya, teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Oleh karena itu, teh ini diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Teh lain yang juga bagus disesap usai makan adalah teh hibiscus. Mirip dengan teh hijau, teh hibiscus memperlambat penyerapan lemak oleh tubuh dan bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Siang Hari

Usai makan siang adalah ‘jam berbahaya’ bagi mereka yang bekerja di kantor, di waktu ini, kantuk rawan menyerang dan bisa menurunkan produksi. Teh licorice bisa jadi solusi. Rasanya yang unik akan membantu meningkatkan energi. Jenis lain yang juga cocok diminum di siang hari adalah teh oolong. Teh ini juga kerap disebut sebagai ‘kopinya teh’ karena memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Usai Bekerja

Penat bekerja ataupun rasa lelah melawan kemacetan bisa dihilangkan dengan secangkir teh peppermint. Kandungan mint dalam teh ini bisa membuat otot-otot yang tegang menjadi santai. Aromanya yang segar juga bisa membersihkan pikiran dari hal-hal negatif.

Sebelum Tidur

Tahukah Anda, teh juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile adalah pilihan tepat sebelum tidur karena selain membantu memunculkan kantuk, chamomile juga membuat pikiran secara umum lebih tenang, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.  

sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151030174507-262-88495/kapan-waktu-terbaik-minum-teh



www.tehsurya.co.id adalah website resmi Teh Surya
Di sini kamu dapat temukan manfaat kebaikan teh Surya, berbagai produk, artikel serta tips.